BAGIAN

Bagian B.1

Contoh Kebijakan HAM Perusahaan

Bagian B.2

Pertanyaan Umum

Aspek HAM Contoh teks
Garis besar tujuan dari kebijakan dan bagaimana kebijakan sesuai dalam hirarki perusahaan

 

– Dapat menjadi referensi untuk hak asasi manusia dalam prinsip-prinsip bisnis perusahaan atau pernyataan nilai menyeluruh lainnya; alternatifnya, kutipan dari CEO tentang hak asasi manusia

→ Total
“Sebagaimana dinyatakan dalam Pedoman Perilaku, penghormatan terhadap standar Hak Asasi Manusia adalah salah satu dari tiga prinsip bisnis prioritas kami ’, Patrick Pouyanne, Chief Executive Officer”.
→ Nedbank
“Pernyataan Hak Asasi Manusia Nedbank Group:memberikan panduan kepada kelompok bisnis dan karyawan mengenai tanggung jawab mereka terkait dengan hak asasi manusia;
berkontribusi pada praktik terbaik internasional;
terkait dengan visi Nedbank untuk membangun bank Afrika yang paling dikagumi oleh staf kami, klien, pemegang saham, pembuat peraturan dan masyarakat; dan menunjukkan kepada pemangku kepentingan utama kami bahwa kami mengelola dampak, risiko, dan peluang hak asasi manusia secara efektif.”→ Hitachi
“Hitachi sadar bahwa sebagai perusahaan bisnis, ia adalah anggota masyarakat dan dapat berkontribusi menciptakan lingkungan di mana hak asasi manusia dihormati. Memenuhi tanggung jawab untuk menghormati hak asasi manusia adalah kunci untuk beroperasi sebagai bisnis yang bertanggung jawab, dan diterima menjadi harapan dasar untuk semua perusahaan. Ini adalah ekspresi dari Misi dan Visi Hitachi Group. Kebijakan ini melengkapi Kode Perilaku Grup Hitachi dan kebijakan CSR. “
Pernyataan umum yang mencakup komitmen eksplisit untuk menghormati hak asasi manusia

 

→ Bisa juga menyatakan dukungan untuk hak asasi manusia (misalnya, ketika perusahaan masuk ke Global Compact)

 

→ AngloGold Ashanti
“Penghormatan atas hak asasi manusia adalah bagian penting dari visi dan nilai AngloGold Ashanti. Merupakan hal mendasar bagi nilai kita untuk memperlakukan satu sama lain dengan martabat dan rasa hormat.“Kami mendukung visi dunia di mana setiap orang dapat menikmati hak asasi manusia universal mereka, dan di mana bisnis memainkan perannya dengan menghormati semua hak asasi manusia.”Negara bertanggung jawab atas perlindungan, promosi dan pemenuhan hak asasi manusia dan perusahaan memiliki tanggung jawab untuk menghormati hak asasi manusia.”

 

→ Microsoft
“Kami mengakui tanggung jawab penting yang kami miliki untuk menghormati hak asasi manusia dan kami bertujuan untuk membawa kekuatan teknologi untuk mendukung mempromosikan penghormatan terhadap hak asasi manusia di seluruh dunia.”

Referensi untuk standar hak asasi manusia internasional, standar lain yang berlaku, dan bagaimana mereka berhubungan

 

→ Perusahaan mungkin ingin mereferensikan standar relevan tambahan di sini sebagaimana berlaku untuk industri khusus mereka

 

→ Alamat dalam kebijakan bagaimana menangani konflik antara hukum nasional dan komitmen perusahaan terhadap hak asasi manusia

 

Standar hak asasi manusia
→ The Coca-Cola Company
“Kebijakan Hak Asasi Manusia Coca-Cola Perusahaan dipandu oleh prinsip-prinsip hak asasi manusia internasional yang dicakup dalam Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, Deklarasi Organisasi Buruh Internasional tentang Prinsip-Prinsip dan Hak-hak Mendasar di Tempat Kerja, Perserikatan Global Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Prinsip Panduan Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Bisnis dan Hak Asasi Manusia.”Standar yang bertentangan

 

→ BASF
“Kepatuhan terhadap standar ketenagakerjaan inti ILO adalah wajib bagi kami di seluruh dunia. Ini termasuk pencegahan anak dan kerja paksa, ketaatan pada prinsip non-diskriminasi di tempat kerja, hak kebebasan berserikat dan berkumpul, dan hak untuk berunding bersama. Ini berlaku jika undang-undang nasional tidak secara eksplisit melarang kepatuhan terhadap standar ketenagakerjaan inti ILO. Dalam kasus seperti itu, kami mengembangkan pendekatan inovatif untuk mempromosikan penerapan prinsip-prinsip yang menjadi dasar dari standar internasional ini.”

 

Fujitsu
“(…) Kami berkomitmen untuk mematuhi hukum dan peraturan setempat yang melindungi hak asasi manusia dalam kegiatan kami. Jika hukum dan peraturan setempat tidak sepenuhnya konsisten dengan prinsip-prinsip hak asasi manusia yang diakui secara internasional, kami akan mencari cara untuk memajukan prinsip-prinsip tersebut dengan cara menghormati persyaratan lokal. ”

Penjelasan tentang bagaimana perusahaan menghormati semua hak asasi manusia, tetapi juga memberikan fokus pada uji tuntas hak asasi manusia

 

→ Prioritas harus fokus pada dampak hak asasi manusia yang paling berat yang mungkin melibatkan perusahaan

 

→ H & M
“Karena sifat dari bisnis kami, kami memfokuskan upaya kami pada hak asasi manusia terkait dengan kondisi tenaga kerja. Kami juga fokus pada hak-hak perempuan dan hak atas air, karena ini adalah bidang yang sangat penting bagi industri kami. Namun H & M mengakui bahwa hak asasi manusia lainnya dapat menjadi prioritas yang lebih besar dari waktu ke waktu dan kami akan secara teratur meninjau area fokus kami. ”

 

→ Total
Grup [Total] berkomitmen untuk menghormati standar Hak Asasi yang diakui secara internasional di negara tempat kami bekerja. Dengan demikian kami fokus pada isu-isu penting berikut ini:

1. Menghormati Hak Asasi Manusia di tempat kerja bagi karyawan kami dan mempromosikan prinsip-prinsip ini dalam rantai pasokan kami, khususnya dengan mencegah anak dan kerja paksa, menghindari diskriminasi, mengamati hak-hak pekerja dan dengan menghormati kebebasan berekspresi.

2. Menangani dampak potensial dari operasi kami pada masyarakat lokal, khususnya mengenai hak atas standar hidup yang layak, seperti hak atas air dan perumahan, dan dengan menyediakan akses untuk memperbaiki dampak merugikan yang tidak dapat dihindari terkait dengan operasi kami.

3. Memastikan bahwa keamanan orang-orang dan fasilitas kami dikelola dengan cara yang bertanggung jawab dan bahwa hak-hak komunitas tetangga dihormati; manajemen risiko keamanan, termasuk penggunaan pasukan keamanan pemerintah dan penyedia keamanan swasta, harus sejalan dengan standar internasional yang berlaku terkait dengan penggunaan kekuatan secara proporsional. ”

Bagian B.3

Pertanyaan Spesifik

Aspek HAMContoh teks
Bagaimana perusahaan memastikannya menghormati hak-hak tenaga kerjanya

 

→ Selain standar ketenagakerjaan inti, hak ketenagakerjaan spesifik yang mungkin ingin disoroti oleh perusahaan sehubungan dengan karyawan dan pekerja kontrak berdasarkan analisis perusahaan atas isu-isu utamanya meliputi:

Hak atas kondisi kerja yang adil dan menguntungkan
Hak untuk lingkungan kerja yang aman
Hak atas kesetaraan di tempat kerja
Hak untuk membentuk dan bergabung dengan serikat pekerja dan melakukan perundingan bersama

→ H & M
“H & M berusaha untuk menghormati hak asasi manusia semua karyawan dalam Grup H & M serta mematuhi semua undang-undang nasional. Komitmen kami diwujudkan dalam kebijakan seperti Kebijakan Diskriminasi dan Kesetaraan dan Kebijakan Pelecehan Global. Untuk memastikan remediasi potensi pelanggaran, kami memiliki prosedur keluhan yang berlaku untuk seluruh organisasi. Karyawan yang memiliki kekhawatiran terkait dengan dampak hak asasi manusia dari kegiatan H & M dapat meningkatkannya melalui proses Prosedur Pengaduan internal. ”

→ Total
“Grup memberikan perhatian khusus terhadap kondisi kerja karyawan, menghormati individu dan privasi mereka, lingkungan bebas diskriminasi dan kesehatan dan keselamatan, terlepas dari konteks politik dan sosial atau kompleksitas yang dihadapi di negara tempat kami beroperasi.” [Diikuti oleh standar ketenagakerjaan spesifik; lihat sumber asli.]
Bagaimana perusahaan bertujuan untuk memastikan keamanan produk, mencegah penyalahgunaan produknya, dan menghormati hak-hak pelanggan

 

→ Di sini, hak non-kerja yang terkait dengan penggunaan produk dapat diatasi, seperti:

Hak atas kesehatan
Hak anak-anak
Hak privasi

 

→ H & M
“H & M berusaha untuk menghormati hak asasi manusia pelanggan kami di semua negara operasi. Area fokus utama kami meliputi:

  • menghormati privasi pelanggan kami, misalnya. dengan menyimpan aman data pribadi apa pun, seperti yang dijelaskan dalam Kebijakan Privasi kami;
  • dan bertujuan untuk itu tidak ada pelanggan yang didiskriminasi, seperti yang dijelaskan dalam Kebijakan Diskriminasi dan Kesetaraan kami. Selain itu, kami berusaha agar pemasaran kami dilakukan dengan menghormati pandangan para pemangku kepentingan kami dengan tidak bertujuan untuk mengkomunikasikan cita-cita tertentu, melainkan berbagai gaya, sikap dan latar belakang etnis. Komitmen ini didukung oleh

– Kebijakan Periklanan kami. Untuk memastikan bahwa komunikasi, pemasaran, dan desain produk tidak memiliki efek negatif terhadap hak-hak anak, H & M memiliki panduan khusus untuk iklan konsep anak-anak dan memberi perhatian khusus pada keselamatan anak di seluruh tahapan produksi. ”

Bagaimana perusahaan mengintegrasikan hak asasi manusia ke dalam interaksinya dengan mitra bisnis

 

→ Mengintegrasikan hak mana yang sangat relevan dalam interaksi dengan mitra bisnis:

 

– Kesehatan dan keselamatan mungkin merupakan masalah penting dengan para kontraktor

– Jam kerja dapat menjadi masalah yang muncul di pemasok

 

 

→ Walmart
“Keamanan dan kesejahteraan pekerja di seluruh rantai pasokan kami penting bagi Walmart. Standar-standar kami untuk Pemasok, bersama dengan Pedoman Standar untuk Pemasok kami, memperjelas harapan fundamental kami bagi pemasok dan pabrik. Semua pemasok dan fasilitas mereka – termasuk fasilitas subkontrak dan pengemasan – diharapkan untuk menegakkan standar-standar ini.”

 

→ Unilever
“Dalam urusan bisnis kami, kami mengharapkan mitra kami untuk mematuhi prinsip-prinsip bisnis yang konsisten dengan prinsip kami. Kami melarang diskriminasi, dipaksa, diperdagangkan dan pekerja anak dan berkomitmen untuk kondisi kerja yang aman dan sehat dan martabat individu. Juga hak atas kebebasan berserikat dan perundingan bersama serta prosedur konsultasi dan informasi yang efektif.”

 

→ Rabobank

“Semua klien diharapkan untuk menghormati dan mempromosikan hak asasi manusia seperti yang dijelaskan dalam Deklarasi Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam keputusan bisnis mereka, dan diharapkan untuk menggunakan pengaruh mereka dengan pemasok mereka untuk melakukan hal yang sama. Untuk dampak negatif yang tidak dapat dihindari, mereka diharapkan untuk menyediakan dan bekerja sama dalam remediasi melalui proses yang sah. ”

Bagaimana perusahaan memastikan penghormatan terhadap hak asasi manusia dari HAM pemangku kepentingan lain yang terpengaruh

 

→ Operasi bisnis spesifik

 

→ BHP Billiton
“BHP Billiton berkomitmen pada Pernyataan Posisi Badan Pertambangan dan Logam Internasional (ICMM) tentang Masyarakat Adat dan Pertambangan untuk terlibat dengan masyarakat Adat dalam kaitannya dengan operasi baru atau proyek modal besar yang berlokasi di lahan yang dimiliki secara tradisional oleh, atau di bawah penggunaan kebiasaan Masyarakat adat, dan cenderung memiliki dampak negatif yang signifikan terhadap masyarakat Adat (…). ”→ Asia Pulp and Paper (APP)“Di mana perkebunan baru diusulkan, APP akan menghormati hak masyarakat adat dan komunitas lokal, termasuk pengakuan hak atas tanah adat. APP telah berkomitmen untuk penilaian independen [Nilai Konservasi Tinggi] sebagai bagian dari komitmen ini dan akan, dalam konsultasi dengan para pemangku kepentingan, mengembangkan langkah-langkah lebih lanjut untuk mengimplementasikan [persetujuan atas dasar informasi awal tanpa paksaan (FPIC)]. APP akan berkonsultasi dengan LSM dan pemangku kepentingan lainnya untuk memastikan bahwa protokol dan prosedurnya untuk FPIC dan penyelesaian konflik sesuai dengan praktik terbaik internasional. ”

Komitmen hak asasi manusia lainnya

 

→ Di sini, perusahaan dapat menyatakan dukungan (selain untuk menghormati) hak asasi manusia sejalan dengan komitmennya terhadap Sepuluh Prinsip Global Compact PBB

→ Unilever
“Kami percaya bahwa produk kami membawa banyak manfaat positif, terutama di bidang kesehatan dan sanitasi. Sebagai bagian dari ambisi kami untuk Meningkatkan Mata Pencaharian, kami menyatakan komitmen kami untuk Keadilan di Tempat Kerja, Peluang untuk Wanita dan Bisnis Inklusif. ”

Bagian B.4

Provisi untuk Implementasi

Aspek HAMContoh teks
Siapa yang bertanggung jawab untuk implementasi dan pembaharuan kebijakan→ Total

“Grup ini membentuk Komite Koordinasi Hak Asasi Manusia yang dikelola oleh ketua Komite Etika bekerja sama dengan pengacara Hak Asasi Manusia Grup. Forum informasi dan pengambilan keputusan ini bertemu tiga atau empat kali setahun. Perwakilan segmen Korporat dan Bisnis termasuk keamanan, komunikasi, pembelian dan pengembangan berkelanjutan adalah bagian dari forum ini. Inisiatif ini juga mengoordinasikan kegiatan yang dilakukan secara internal dan eksternal oleh unit Bisnis Grup di domain ini. Penasihat eksternal seperti Institut Hak Asasi Manusia Denmark dapat menghadiri beberapa sesi ini untuk menginformasikan dan memberi saran kepada Komite tentang topik-topik khusus yang terkait dengan Hak Asasi Manusia. ”

Bagaimana pernyataan kebijakan tertanam ke dalam sistem dan proses perusahaan 

→ Unilever

“Kami mengakui bahwa kami harus mengambil langkah-langkah untuk mengidentifikasi dan mengatasi setiap dampak merugikan yang nyata atau potensial yang kami dapat terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kegiatan kami sendiri atau hubungan bisnis kami. Kami mengelola risiko ini dengan mengintegrasikan tanggapan terhadap uji tuntas kami ke dalam kebijakan dan sistem internal kami, bertindak berdasarkan temuan, melacak tindakan kami, dan berkomunikasi dengan para pemangku kepentingan kami tentang bagaimana kami mengatasi dampak. ”

Bagaimana perusahaan melakukan remediasi di mana ia telah menyebabkan atau berkontribusi terhadap suatu dampak→ Hitachi

“Di mana Hitachi mengidentifikasi bahwa ia telah menyebabkan atau berkontribusi pada dampak hak asasi manusia yang negatif, perusahaan akan menyediakan atau bekerja sama dalam proses yang sah untuk memberikan pemulihan.”

Bagaimana perusahaan melakukan pelibatan pemangku kepentingan→ Unilever

“Kami mengakui pentingnya dialog dengan karyawan, pekerja, dan pemangku kepentingan eksternal kami yang mungkin atau berpotensi dipengaruhi oleh tindakan kami. Kami memberikan perhatian khusus kepada individu atau kelompok yang mungkin berisiko lebih besar terhadap dampak negatif hak asasi manusia karena kerentanan atau marjinalisasi mereka dan mengakui bahwa perempuan dan laki-laki dapat menghadapi risiko yang berbeda. ”

Referensi ke kebijakan terkait yang membahas hak asasi manusia dan siapa yang dapat dihubungi untuk informasi lebih lanjut→ Nedbank

“Kami akan menyediakan jalur pelaporan email eksternal yang disebut‘ Bicara ke kantor etika ’sebagai mekanisme bagi setiap pihak eksternal untuk melaporkan masalah hak asasi manusia atau mengomentari pernyataan tersebut. Email dapat dikirim ke TalkToTheEthicsO@nedbank.co.za. ”

Referensi

Annex C: Contoh-contoh identifikasi dampak HAM perusahaan