Bagaimana Help Desk ini disusun?

Help Desk Bisnis dan HAM merupakan salah satu dari aktivitas program “Walking the Talk: Promoting Accountable Business through Advancement of United Nations Guiding Principles on Business and Human Rights (UNGPs)”. Program ini merupakan kolaborasi antara Indonesia Global Compact Network (IGCN), International NGOs Forum on Indonesian Development (INFID), and Oxfam in Indonesia (Oxfam) yang didanai oleh Uni Eropa (EU). IGCN adalah sebuah Jaringan Lokal dari UN Global Compact yang bertujuan untuk meintegrasikan 10 Prinsip Dasar UN Global Compact melalui pelatihan, fasilitasi, dialog, dan tindakan kolaboratif untuk mempromosikan bisnis yang bertanggung jawab. IGCN mendukung perusahaan, masyarakat sipil, dan akademia untuk berkolaborasi untuk mendukung tercapainya Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia. Help Desk Bisnis dan HAM IGCN adalah sebuah wadah online untuk mengedukasi perusahaan-perusahaan di Indonesia dalam melaksanakan Bisnis dan HAM.

Komnas HAM menerima 1.231 pengaduan pada tahun 2015, 1.030 pengaduan pada tahun 2016 dan 866 pengaduan pada tahun 2017. Selama 2017, perusahaan menempati posisi kedua sebagai institusi yang paling banyak diadukan melakukan pelanggaran HAM[1].

Help Desk ini disusun berdasarkan hasil survei yang diadakan oleh IGCN dan Oxfam mengenai sejauh mana perusahaan sudah memahami kerangka United Nations Guiding Principles on Business and Human Rights (UNGPs) dan mengimplementasikan kebijakan HAM (HAM).

Survei menunjukan bahwa 77% dari 40 perusahaan yang disurvei berminat untuk mengaplikasikan kebijakan HAM di sistem perusahaanRiset ini menunjukkan diperlukannya wadah edukasi, informasi, dan kolaborasi untuk mendampingi minat perusahaan yang tinggi. Oleh karena itu, terlahirlah ide untuk meluncurkan Help Desk Bisnis dan HAM sebagai wadah untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan Bisnis dan HAM. Wadah ini merupakan salah satu hasil pencapaian proyek Business dan Hak Asasi Manusia yang dilaksanakan oleh IGCN, Oxfam di Indonesia dan INFID dengan dukungan dari Uni Eropa.

Kolaborasi untuk menciptakan Help Desk Bisnis dan HAM

Penyusunan Help Desk Bisnis dan HAM tidak akan mungkin tercipta tanpa upaya bersama dari berbagai organisasi dan pihak yang peduli untuk memajukan Bisnis dan HAM di Indonesia.

Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak dibawah ini yang telah memiliki berbagai panduan, riset, wadah, dan media pembelajaran yang dapat diintegrasikan ke dalam Help Desk Bisnis dan HAM.

  1. Kementerian Hukum dan HAM RI
  2. Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia
  3. Komnas HAM
  4. International NGO Forum on Indonesian Development (INFID)
  5. Oxfam in Indonesia (Oxfam)

 

Referensi lainnya:

  1. Lembaga Studi dan Advokasi Indonesia (ELSAM)
  2. Shift Project
  3. The Danish Institute for Human Rights

Tentunya kami tidak lupa mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada individu dari perusahaan, organisasi sipil, dan pemerintah yang telah berbagi kisah dari lapangan mengenai Bisnis dan HAM.