Post Date: 21 Februari 2019

Beasiswa terapis spa untuk memberdayakan wanita

Perusahaan kosmetik dan kecantikan Martha Tilaar Group (MTG) memberikan beasiswa terapis spa untuk membangun kapasitas pekerja dan memberdayakan wanita. IGCN bertanya jawab dengan perwakilan MTG mengenai program tersebut.

 

 

1. Apa latar belakang dari beasiswa terapis spa?

Martha Tilaar Group sangat peduli pada pemberdayaan perempuan sebagai bukti perwujudan dari salah satu pilarnya yaitu Empowering Women. Martha Tilaar Group membuat program melalui pemberian beasiswa terapis spa kepada perempuan-perempuan Indonesia yang merupakan kepedulian Ibu Dr. (H.C) Martha Tilaar melihat banyaknya perempuan di wilayah pedesaan di Indonesia yang masih memilih sebagai Tenaga Kerja Wanita ke luar negeri yang sangat rentan dan bahkan tidak sedikit yang menjadi korban perdagangan perempuan (Women trafficking), untuk dapat memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga membantu orang tuanya.

 

2. Apa tujuan dari program beasiswa terapis spa? 

Tujuan dari program beasiswa terapis spa ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada para perempuan Indonesia khususnya yang berasal dari daerah agar lebih mandiri dan terampil. Setelah lulus, para penerima beasiswa diharapkan bukan hanya dapat menjadi pekerja, namun dapat pula menjadi wirausahawan mandiri.  Sehingga mereka dapat lebih percaya diri dan bisa menempatkan diri sejajar dengan lelaki, baik dalam relasi profesional maupun personal.

Selain itu, dari sisi budaya, program ini diharapkan dapat membantu dalam menjaga kelestarian teknik spa tradisional khas Nusantara. Martha Tilaar Spa telah melakukan penelitian dan mengembangkan beberapa teknik spa tradisional khas Indonesia yang antara lain adalah Bakera (Minahasa), Batimung (Kalimantan Selatan), Boreh (Bali), Kendedes, dan lain sebagainya.

 

3. Bagaimana beasiswa terapis spa dapat memberdayakan wanita?

Melalui program ini, penerima beasiswa akan diberikan pelatihan berbagai modul, yang terdiri dari soft skill dan hard skill.

Soft skill meliputi pelatihan hospitality, kepemimpinan, juga pengaturan keuangan pribadi (Financial literacy). Sedangkan pelatihan hard skill meliputi teknik melakukan terapi spa, medicure, pedicure, potong rambut, makeup, dll.

Selain itu, nilai-nilai DJITU (Disiplin, Jujur, Iman/Inovatif, Tekun, Ulet) juga ditanamkan kepada penerima beasiswa. DJITU sendiri merupakan kunci keberhasilan Ibu Martha Tilaar dalam menjalankan setiap kegiatan perusahaan. Diharapkan para penerima beasiswa tersebut dapat meneruskan jejak Ibu Martha Tilaar dalam mengharumkan nama bangsa.

Melalui pengkayaan ilmu pengetahuan dan keterampilan khususnya di bidang Spa terapi, maka para perempuan ini akan mampu mandiri dalam membantu perekonomian keluarga dan menjadikan contoh bagi perempuan lainnya untuk dapat berjuang di negeri sendiri demi meningkatkan taraf hidup keluarganya.

Dengan makin berdayanya para perempuan Indonesia di berbagai bidang serta bisa terlibat langsung dalam berbagai posisi pekerjaan di dalam negri maka potensi perempuan yang selama ini tidak nampak, akan terangkat dan dapat berperan aktif membangun negri sendiri.

 

 

4. Bagaimana beasiswa terapis spa dilaksanakan?

Program beasiswa terapis spa ini dapat diikuti oleh semua perempuan lulusan SMK, SMA atau yang sederajat. Bagi yang berminat dapat mendaftar langsung kepada tim rekruitmen dari tempat kami. Tim rekrutmen ini juga biasanya akan mengunjungi sekolah-sekolah untuk mensosialisasikan program ini. Peserta harus bersedia mengikuti pendidikan selama 3-6 bulan di Martha Tilaar Training Center dengan kesanggupan mengikuti pelatihan secara penuh dan disiplin serta bersedia ditempatkan dimanapun di seluruh gerai MT Salon and Spa.

Selain mendapatkan materi pembelajaran, para peserta pun akan mendapatkan fasilitas lain yaitu seragam pendidikan dan pelatihan, uang saku setiap bulan selama training, tunjangan makan 3 kali sehari dan mess tempat tinggal. Selama mengikuti program ini, para peserta tidak dipungut biaya apapun. Tidak hanya itu, setelah lulus para peserta akan ditempatkan di Martha Tilaar Salon yang tersebar baik di dalam maupun luar negeri.

 

5. Apa keuntungan bagi MTG untuk melaksanakan beasiswa terapis spa?
Keuntungan bagi perusahaan adalah cukup tersedianya terapis Spa yang professional dengan standard dan kualitas tinggi serta memiliki kedisiplinan dan attitude yang baik dan sesuai dengan kriteria Spa modern dan syariah. Para terapis ini nantinya akan ditempatkan di seluruh gerai Martha Tilaar Salon dan Spa yang tersebar luas di seluruh Indonesia dan juga di luar negri. Pemenuhan Spa terapis yang berkualitas ini merupakan faktor penting bagi keberlangsungan bisnis Spa. Disamping itu dengan terpais spa yang berkualitas dan professional maka akan dapat meningkatkan image Spa yang sebenarnya sebagai terapi kesehatan dan kecantikan alami dan asli Indonesia, dan sekaligus dapat merubah image buruk spa yang selama ini berkembang di masyarakat.

Lebih jauh, melalui Beasiswa Terapis Spa ini, Martha Tilaar Group akan dapat mewujudkan harapan-harapan pendiri perusahaan dalam rangka memberdayakan perempuan Indonesia serta turut membantu meningkatkan taraf hidup keluarga kelas menengah bawah melalui kemandirian perempuan dalam rumah tangga. Hal ini akan dapat terwujud dengan adanya pembekalan bagi para perempuan berupa pelatihan dan pendidikan terapis spa.

 

6. Apa tantangan yang dihadapi ketika melaksanakan beasiswa terapis spa?

 Dalam perjalanannya pelaksanaan program ini juga menghadapi tantangan yaitu terjadinya konflik dengan para penyalur tenaga kerja, dimana menurut mereka bahwa kami akan mengurangi lahan kerja mereka, karena dengan program kami ini maka akan lebih banyak perempuan yang melek pengetahuan dan terbuka wawasan, bahwa untuk dapat bekerja mencari uang itu tidak hanya pergi ke luar negri, tetapi bisa dilakukan di negri sendiri asalkan kita punya ilmu dan keterampilan.

Tantangan juga datang dari para trainee sendiri, dimana sering kita temukan ada peserta yang ingin pulang sebelum pelatihan berakhir atau bahkan baru beberapa hari tinggal di training center sudah tidak kerasan dan minta pulang, mungkin karena tidak terbiasa tinggal terpisah rumah dan keluarganya. Selain itu, dengan persyaratan pernyataan kesanggupan ditempatkan dimana saja di wilayah Indonesia juga merupakan pertimbangan yang cukup berat bagi seorang perempuan dan keluarganya, sehingga saat seleksi penjaringan mereka mengundurkan diri.

 

 

7. Apa keberhasilan yang dicapai dari beasiswa terapis spa?

Martha Tilaar Group hingga saat ini telah melatih lebih dari 6.000 terapis dan sudah bekerja di seluruh gerai/outlet Salon dan Spa kami, dan mereka telah mampu mandiri dan membantu perekonomian keluarganya di kampung. Bahkan ada dari mereka yang sekarang telah sukses sebagai pebisnis di bidang Salon dan Spa baik di daerahnya maupun di kota-kota besar lainnya.

Berkat program ini juga Ibu Dr. (H.C) Martha Tilaar diajukan oleh sebuah NGO Perancis ke UN pada tahun 2000 untuk menjadi salah satu deklarator UNGC (United Nation Global Compact) yang diprakarsai oleh Sekjen PBB waktu itu, Koffi Annan. Deklarator UNGC waktu itu (th.2000) adalah para pendiri perusahaan besar dunia, dan hanya ibu DR. Martha Tilaar yang berasal dari Indonesia, sebagai pendiri Martha Tilaar Group karena sebagai perusahaan swasta nasional dinilai telah berhasil dalam melaksanakan menerapkan prinsip-prinsip Global Compact.

Selain telah mendapatkan penghargaan di tingkat dunia melalui UNGC yaitu Lifetime Commitment di tahun 2010 serta terpilihnya sebagai anggota Board of UNGC yang diketuai langsung oleh Sekjen PBB, hingga pada tahun 2018 di bulan September kemarin mendapatkan penghargaan SDGs Pioneer untuk kategori “Advancing sustainability through community engagement” dari sepuluh penghargaan yang diberikan kepada para pemilik perusahaan di seluruh dunia, dan sekaligus menjadi perempuan pertama Indonesia yang dipilih oleh UN Global Compact.

 

8. Bagaimana program beasiswa terapis spa dapat menjadi lebih baik lagi di masa depan?

Ke depannya perlu adanya sosialisasi lebih luas dan lebih jelas kepada para permpuan muda Indonesia dan masyarakat luas pada umumnya di seluruh wilayah di Indonesia, agar para perempuan Indonesia mempunyai wawasan yang lebih luas hingga mempunyai  keinginan untuk lebih mandiri dan sukses. Dengan dukungan keluarga dan orangtua maka para perempuan muda ini bisa mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program yang baik ini sehingga diharapkan dapat membawa banyak manfaat bagi dirinya sebagai terapis professional serta mampu menciptakan lapangan kerja bagi orang lain di kemudian hari. Dengan dukungan keluarga dan orangtua maka anak-anak remaja ini nantinya dapat mengikuti pelatihan secara penuh dan juga dapat menjadi terapis spa profesional di manapun di seluruh Indonesia, yang pada akhirnya akan dapat membantu perekonomian keluarga dan meningkatkan taraf hidup anggota keluarga.

 

Share this post