Post Date: 21 Februari 2019

Menciptakan lingkungan kerja yang setara dan ramah bagi wanita

PT Unilever Indonesia (Unilever) berusaha menciptakan lingkungan kerja yang setara dan ramah bagi pekerja wanita. Berbagai inisiatif seperti beasiswa, memperpanjang cuti melahirkan bagi orangtua, dan fasilitas daycare sudah dilaksanakan.

 PT Unilever Indonesia (Unilever) berusaha menciptakan lingkungan kerja yang setara dan ramah bagi pekerja wanita. Berbagai inisiatif seperti beasiswa, memperpanjang cuti melahirkan bagi orangtua, dan fasilitas daycare sudah dilaksanakan. Unilever percaya bahwa keberagaman dan kesetaraan pekerja mendukung inovasi dan kualitas SDM untuk mencapai performa bisnis, saham, dan finansial.

 

 

Program Daycare Unilever
Source: Unilever

 

“Kesetaraan gender telah diterapkan oleh Unilever Indonesia. Sebagian anggota direksi adalah perempuan dan hampir 40% manajemen diisi oleh karyawan perempuan.” – Unilever Sustainability Report 2017

 

“Kesetaraan gender telah diterapkan oleh Unilever Indonesia. Sebagian anggota direksi adalah perempuan dan hampir 40% manajemen diisi oleh karyawan perempuan.[1]” berdasarkan Unilever Sustainability Report 2017.

Pada 2017, Unilever Indonesia menyelenggarakan Woman in Engineering Unilever Leadership Fellowship (WULF) untuk memperkenalkan fungsi non-tradisional bagi perempuan. WULF yang kami selenggarakan adalah yang pertama di wilayah Asia.

Cuti melahirkan lebih lama untuk mendukung work life balance juga telah dilaksannakan. Unilever Indonesia menerapkan kebijakan baru yang memberikan cuti melahirkan selama 4 (empat) bulan bagi ibu dan selama satu minggu bagi ayah agar bisa memberikan dukungan kepada istrinya yang baru melahirkan.

“Unilever percaya bahwa keberagaman dan kesetaraan pekerja mendukung inovasi dan kualitas SDM untuk mencapai performa bisnis, saham, dan finansial.” – Unilever Sustainability Report 2017

Inisiatif daycare Unilever sudah dikembangkan untuk mendukung kinerja pekerja wanita. Daycare Unilever pada mulanya adalah program daycare yang disediakan oleh perusahaan bagi anak-anak karyawan sebagai solusi untuk menunjang produktivitas karyawan terutama saat ditinggal mudik oleh Asisten Rumah Tangga (ART) kala Lebaran, selama kurang lebih 21 hari.

Pada perkembangannya, program ini menjadi program permanen Nursery and Daycare di kantor pusat. Fasilitas ini memungkinkan para ibu untuk membawa buah hati ke tempat kerja dengan pengawasan yang memadai, sehingga mereka bisa bekerja lebih tenang

 


[1] https://www.unilever.co.id/id/Images/sustainability-report-2017_tcm1310-521885_1_id.pdf


 

Sumber: Unilever

 

Berbagai program untuk menghormati kesetaraan gender sebagai bagian dari Unilever Sustainable Living Plan, yaitu memberikan kesempatan bagi perempuan dan membuka kesempatan lebih luas pada rantai pasokan perusahaan. Untuk mencapai tujuan itu, Unilever Indonesia menerapkan inisiatif berikut:

  1. Membangun keseimbangan gender di tempat kerja, dengan fokus pada manajemen.
  2. Mempromosikan keselamatan bagi perempuan di masyarakat di sepanjang rantai nilai.
  3. Meningkatkan akses pelatihan dan keterampilan dalam rantai nilai.
  4. Memperluas kesempatan bagi perempuan di rantai nilai.
  5. Menyediakan dukungan bagi karyawan perempuan untuk menjaga keseimbangan antara karier dan kehidupan berkeluarga.

Share this post