Contoh Kebijakan HAM Perusahaan
ANNEX B
Dapat menjadi referensi untuk hak asasi manusia dalam prinsip-prinsip bisnis perusahaan atau pernyataan nilai menyeluruh lainnya.
ANNEX
Bagian B.1
Contoh Kebijakan HAM Perusahaan
Ringkasan
Bagian B.2
Pertanyaan Umum
| Aspek HAM | Contoh teks |
| Garis besar tujuan dari kebijakan dan bagaimana kebijakan sesuai dalam hirarki perusahaan
– Dapat menjadi referensi untuk hak asasi manusia dalam prinsip-prinsip bisnis perusahaan atau pernyataan nilai menyeluruh lainnya; alternatifnya, kutipan dari CEO tentang hak asasi manusia | → Total “Sebagaimana dinyatakan dalam Pedoman Perilaku, penghormatan terhadap standar Hak Asasi Manusia adalah salah satu dari tiga prinsip bisnis prioritas kami ’, Patrick Pouyanne, Chief Executive Officer”. → Nedbank “Pernyataan Hak Asasi Manusia Nedbank Group:memberikan panduan kepada kelompok bisnis dan karyawan mengenai tanggung jawab mereka terkait dengan hak asasi manusia; berkontribusi pada praktik terbaik internasional; terkait dengan visi Nedbank untuk membangun bank Afrika yang paling dikagumi oleh staf kami, klien, pemegang saham, pembuat peraturan dan masyarakat; dan menunjukkan kepada pemangku kepentingan utama kami bahwa kami mengelola dampak, risiko, dan peluang hak asasi manusia secara efektif.”→ Hitachi “Hitachi sadar bahwa sebagai perusahaan bisnis, ia adalah anggota masyarakat dan dapat berkontribusi menciptakan lingkungan di mana hak asasi manusia dihormati. Memenuhi tanggung jawab untuk menghormati hak asasi manusia adalah kunci untuk beroperasi sebagai bisnis yang bertanggung jawab, dan diterima menjadi harapan dasar untuk semua perusahaan. Ini adalah ekspresi dari Misi dan Visi Hitachi Group. Kebijakan ini melengkapi Kode Perilaku Grup Hitachi dan kebijakan CSR. “ |
| Pernyataan umum yang mencakup komitmen eksplisit untuk menghormati hak asasi manusia
→ Bisa juga menyatakan dukungan untuk hak asasi manusia (misalnya, ketika perusahaan masuk ke Global Compact) | → AngloGold Ashanti
→ Microsoft |
| Referensi untuk standar hak asasi manusia internasional, standar lain yang berlaku, dan bagaimana mereka berhubungan
→ Perusahaan mungkin ingin mereferensikan standar relevan tambahan di sini sebagaimana berlaku untuk industri khusus mereka
→ Alamat dalam kebijakan bagaimana menangani konflik antara hukum nasional dan komitmen perusahaan terhadap hak asasi manusia | Standar hak asasi manusia → The Coca-Cola Company
→ BASF “Kepatuhan terhadap standar ketenagakerjaan inti ILO adalah wajib bagi kami di seluruh dunia. Ini termasuk pencegahan anak dan kerja paksa, ketaatan pada prinsip non-diskriminasi di tempat kerja, hak kebebasan berserikat dan berkumpul, dan hak untuk berunding bersama. Ini berlaku jika undang-undang nasional tidak secara eksplisit melarang kepatuhan terhadap standar ketenagakerjaan inti ILO. Dalam kasus seperti itu, kami mengembangkan pendekatan inovatif untuk mempromosikan penerapan prinsip-prinsip yang menjadi dasar dari standar internasional ini.”
→Fujitsu “(…) Kami berkomitmen untuk mematuhi hukum dan peraturan setempat yang melindungi hak asasi manusia dalam kegiatan kami. Jika hukum dan peraturan setempat tidak sepenuhnya konsisten dengan prinsip-prinsip hak asasi manusia yang diakui secara internasional, kami akan mencari cara untuk memajukan prinsip-prinsip tersebut dengan cara menghormati persyaratan lokal. ” |
| Penjelasan tentang bagaimana perusahaan menghormati semua hak asasi manusia, tetapi juga memberikan fokus pada uji tuntas hak asasi manusia
→ Prioritas harus fokus pada dampak hak asasi manusia yang paling berat yang mungkin melibatkan perusahaan | → H & M
→ Total 1. Menghormati Hak Asasi Manusia di tempat kerja bagi karyawan kami dan mempromosikan prinsip-prinsip ini dalam rantai pasokan kami, khususnya dengan mencegah anak dan kerja paksa, menghindari diskriminasi, mengamati hak-hak pekerja dan dengan menghormati kebebasan berekspresi. 2. Menangani dampak potensial dari operasi kami pada masyarakat lokal, khususnya mengenai hak atas standar hidup yang layak, seperti hak atas air dan perumahan, dan dengan menyediakan akses untuk memperbaiki dampak merugikan yang tidak dapat dihindari terkait dengan operasi kami. 3. Memastikan bahwa keamanan orang-orang dan fasilitas kami dikelola dengan cara yang bertanggung jawab dan bahwa hak-hak komunitas tetangga dihormati; manajemen risiko keamanan, termasuk penggunaan pasukan keamanan pemerintah dan penyedia keamanan swasta, harus sejalan dengan standar internasional yang berlaku terkait dengan penggunaan kekuatan secara proporsional. ” |
Bagian B.3
Pertanyaan Spesifik
| Aspek HAM | Contoh teks |
| Bagaimana perusahaan memastikannya menghormati hak-hak tenaga kerjanya
→ Selain standar ketenagakerjaan inti, hak ketenagakerjaan spesifik yang mungkin ingin disoroti oleh perusahaan sehubungan dengan karyawan dan pekerja kontrak berdasarkan analisis perusahaan atas isu-isu utamanya meliputi: Hak atas kondisi kerja yang adil dan menguntungkan Hak untuk lingkungan kerja yang aman Hak atas kesetaraan di tempat kerja Hak untuk membentuk dan bergabung dengan serikat pekerja dan melakukan perundingan bersama | → H & M “H & M berusaha untuk menghormati hak asasi manusia semua karyawan dalam Grup H & M serta mematuhi semua undang-undang nasional. Komitmen kami diwujudkan dalam kebijakan seperti Kebijakan Diskriminasi dan Kesetaraan dan Kebijakan Pelecehan Global. Untuk memastikan remediasi potensi pelanggaran, kami memiliki prosedur keluhan yang berlaku untuk seluruh organisasi. Karyawan yang memiliki kekhawatiran terkait dengan dampak hak asasi manusia dari kegiatan H & M dapat meningkatkannya melalui proses Prosedur Pengaduan internal. ” → Total “Grup memberikan perhatian khusus terhadap kondisi kerja karyawan, menghormati individu dan privasi mereka, lingkungan bebas diskriminasi dan kesehatan dan keselamatan, terlepas dari konteks politik dan sosial atau kompleksitas yang dihadapi di negara tempat kami beroperasi.” [Diikuti oleh standar ketenagakerjaan spesifik; lihat sumber asli.] |
| Bagaimana perusahaan bertujuan untuk memastikan keamanan produk, mencegah penyalahgunaan produknya, dan menghormati hak-hak pelanggan
→ Di sini, hak non-kerja yang terkait dengan penggunaan produk dapat diatasi, seperti: Hak atas kesehatan Hak anak-anak Hak privasi | → H & M
– Kebijakan Periklanan kami. Untuk memastikan bahwa komunikasi, pemasaran, dan desain produk tidak memiliki efek negatif terhadap hak-hak anak, H & M memiliki panduan khusus untuk iklan konsep anak-anak dan memberi perhatian khusus pada keselamatan anak di seluruh tahapan produksi. ” |
| Bagaimana perusahaan mengintegrasikan hak asasi manusia ke dalam interaksinya dengan mitra bisnis
→ Mengintegrasikan hak mana yang sangat relevan dalam interaksi dengan mitra bisnis:
– Kesehatan dan keselamatan mungkin merupakan masalah penting dengan para kontraktor – Jam kerja dapat menjadi masalah yang muncul di pemasok
| → Walmart “Keamanan dan kesejahteraan pekerja di seluruh rantai pasokan kami penting bagi Walmart. Standar-standar kami untuk Pemasok, bersama dengan Pedoman Standar untuk Pemasok kami, memperjelas harapan fundamental kami bagi pemasok dan pabrik. Semua pemasok dan fasilitas mereka – termasuk fasilitas subkontrak dan pengemasan – diharapkan untuk menegakkan standar-standar ini.”
→ Unilever “Dalam urusan bisnis kami, kami mengharapkan mitra kami untuk mematuhi prinsip-prinsip bisnis yang konsisten dengan prinsip kami. Kami melarang diskriminasi, dipaksa, diperdagangkan dan pekerja anak dan berkomitmen untuk kondisi kerja yang aman dan sehat dan martabat individu. Juga hak atas kebebasan berserikat dan perundingan bersama serta prosedur konsultasi dan informasi yang efektif.”
→ Rabobank “Semua klien diharapkan untuk menghormati dan mempromosikan hak asasi manusia seperti yang dijelaskan dalam Deklarasi Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam keputusan bisnis mereka, dan diharapkan untuk menggunakan pengaruh mereka dengan pemasok mereka untuk melakukan hal yang sama. Untuk dampak negatif yang tidak dapat dihindari, mereka diharapkan untuk menyediakan dan bekerja sama dalam remediasi melalui proses yang sah. ” |
| Bagaimana perusahaan memastikan penghormatan terhadap hak asasi manusia dari HAM pemangku kepentingan lain yang terpengaruh
→ Operasi bisnis spesifik | → BHP Billiton |
| Komitmen hak asasi manusia lainnya
→ Di sini, perusahaan dapat menyatakan dukungan (selain untuk menghormati) hak asasi manusia sejalan dengan komitmennya terhadap Sepuluh Prinsip Global Compact PBB | → Unilever “Kami percaya bahwa produk kami membawa banyak manfaat positif, terutama di bidang kesehatan dan sanitasi. Sebagai bagian dari ambisi kami untuk Meningkatkan Mata Pencaharian, kami menyatakan komitmen kami untuk Keadilan di Tempat Kerja, Peluang untuk Wanita dan Bisnis Inklusif. ” |
Bagian B.4
Provisi untuk Implementasi
| Aspek HAM | Contoh teks |
| Siapa yang bertanggung jawab untuk implementasi dan pembaharuan kebijakan | → Total “Grup ini membentuk Komite Koordinasi Hak Asasi Manusia yang dikelola oleh ketua Komite Etika bekerja sama dengan pengacara Hak Asasi Manusia Grup. Forum informasi dan pengambilan keputusan ini bertemu tiga atau empat kali setahun. Perwakilan segmen Korporat dan Bisnis termasuk keamanan, komunikasi, pembelian dan pengembangan berkelanjutan adalah bagian dari forum ini. Inisiatif ini juga mengoordinasikan kegiatan yang dilakukan secara internal dan eksternal oleh unit Bisnis Grup di domain ini. Penasihat eksternal seperti Institut Hak Asasi Manusia Denmark dapat menghadiri beberapa sesi ini untuk menginformasikan dan memberi saran kepada Komite tentang topik-topik khusus yang terkait dengan Hak Asasi Manusia. ” |
| Bagaimana pernyataan kebijakan tertanam ke dalam sistem dan proses perusahaan | → Unilever “Kami mengakui bahwa kami harus mengambil langkah-langkah untuk mengidentifikasi dan mengatasi setiap dampak merugikan yang nyata atau potensial yang kami dapat terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kegiatan kami sendiri atau hubungan bisnis kami. Kami mengelola risiko ini dengan mengintegrasikan tanggapan terhadap uji tuntas kami ke dalam kebijakan dan sistem internal kami, bertindak berdasarkan temuan, melacak tindakan kami, dan berkomunikasi dengan para pemangku kepentingan kami tentang bagaimana kami mengatasi dampak. ” |
| Bagaimana perusahaan melakukan remediasi di mana ia telah menyebabkan atau berkontribusi terhadap suatu dampak | → Hitachi “Di mana Hitachi mengidentifikasi bahwa ia telah menyebabkan atau berkontribusi pada dampak hak asasi manusia yang negatif, perusahaan akan menyediakan atau bekerja sama dalam proses yang sah untuk memberikan pemulihan.” |
| Bagaimana perusahaan melakukan pelibatan pemangku kepentingan | → Unilever “Kami mengakui pentingnya dialog dengan karyawan, pekerja, dan pemangku kepentingan eksternal kami yang mungkin atau berpotensi dipengaruhi oleh tindakan kami. Kami memberikan perhatian khusus kepada individu atau kelompok yang mungkin berisiko lebih besar terhadap dampak negatif hak asasi manusia karena kerentanan atau marjinalisasi mereka dan mengakui bahwa perempuan dan laki-laki dapat menghadapi risiko yang berbeda. ” |
| Referensi ke kebijakan terkait yang membahas hak asasi manusia dan siapa yang dapat dihubungi untuk informasi lebih lanjut | → Nedbank “Kami akan menyediakan jalur pelaporan email eksternal yang disebut‘ Bicara ke kantor etika ’sebagai mekanisme bagi setiap pihak eksternal untuk melaporkan masalah hak asasi manusia atau mengomentari pernyataan tersebut. Email dapat dikirim ke [email protected]. ” |
ANNEX